Bagaimana cara berdonasi ke UNICEF ?
Anda dapat menjadi Pendekar Anak dengan berdonasi secara teratur setiap bulannya atau pun berdonasi satu kali.
Anda dapat berdonasi dengan cara-cara berikut:
  1. Melalui situs unicef.id
  2. Jika ingin bertemu dengan kami secara langsung, silakan kunjungi tim promosi kami di salah satu lokasi ini. Anda bisa buka tab Hubungi Kami pada website unicef.id untuk melihat booth UNICEF terdekat dari Anda.
  3. Menghubungi tim Telefundraising kami di 021 - 8066 2100.
      Saya ingin berdonasi atas nama komunitas/organisasi/sekolah. Bagaimana cara mendapatkan sertifikat elektronik atas donasi itu?

      Pertama-tama, terima kasih atas donasi Anda! Selanjutnya, Anda bisa mengisi Formulir Elektronik Donasi UNICEF Indonesia dan kirimkan bukti transfer donasi ke ids.donorlove@unicef.org. Sertifikat elektronik akan disediakan untuk donasi dengan nilai mulai dari Rp2.000.000.

      Unduh Formulir Elektronik Donasi UNICEF Indonesia

      (Catatan: sertifikat akan diproses pada jam kerja setelah donasi dipastikan diterima di rekening UNICEF Indonesia atau setelah bukti donasi diterima).

      Dapatkah saya secara pribadi atau pun mewakili organisasi melakukan penggalangan dana tunai untuk UNICEF?

      Terima kasih atas keinginan Anda untuk membantu. Dukungan Anda sangat kami hargai!


      Penggalangan dana tunai diatur secara ketat oleh peraturan dan perundang-undangan di Indonesia. Ada pula risiko keamanan terkait penanganan dana tunai.

      Untuk individu dan komunitas, silakan membaca panduan penggalangan dana untuk UNICEF di: kitabisa.com. Anda juga bisa mengontak kami terlebih dahulu melalui email ke ids.donorlove@unicef.org.

      Apabila Anda mewakili suatu perusahaan, silakan hubungi Tim Kemitraan UNICEF di partnerships.id@unicef.org untuk mendiskusikan langkah selanjutnya.

      Jika Anda ingin menggalang dana tunai, mohon segera setorkan dana yang terkumpul ke bank dan kirimkan ke rekening kami yang dapat Anda lihat di tab “Hubungi Kami”. Kami sarankan agar penggalangan dana dilakukan secara daring agar lebih aman.

      Dapatkah saya berdonasi dalam bentuk barang kepada UNICEF?

      Terima kasih atas kesediaan Anda untuk mendukung kerja kami. Saat ini, kami tidak dapat menerima dan menggunakan donasi dalam bentuk barang. Bantuan yang disalurkan UNICEF adalah berdasarkan hasil penilaian dan permintaan resmi dari Pemerintah di mana UNICEF bekerja. Oleh karena itu, saat ini UNICEF hanya dapat menerima dana donasi yang dikirimkan melalui rekening-rekening resmi UNICEF. Hal ini untuk memastikan donasi yang diterima dapat kami alokasikan untuk penyaluran barang yang tepat guna dan sesuai dengan penilaian dan permintaan dari Pemerintah di mana UNICEF bekerja.  

      Bagaimana caranya mendapatkan suvenir UNICEF?

      Saat ini, kami memiliki suvenir untuk donatur bulanan kami yaitu gelang Pendekar Anak UNICEF yang diproduksi secara eksklusif. Jika Anda tertarik untuk bergabung sebagai Pendekar Anak dan menerima produk kami, silakan daftarkan diri di unicef.id. 

      UNICEF tidak menjual suvenir resmi di Indonesia. Produk yang mungkin tersedia di platform belanja daring bukan produk resmi dan sangat mungkin palsu! Kami memiliki toko daring internasional di negara lain, seperti market.unicefusa.org dan market.unicef.org.uk. 

      UNICEF juga sesekali membagikan suvenir tertentu di acara yang diselenggarakannya. Ikuti media sosial kami Facebook, Instagram, Twitter, dan Linkedin untuk mengetahui informasi terbaru seputar kegiatan UNICEF.

      Perusahaan saya ingin bermitra dengan UNICEF. Bagaimana caranya?

      Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai cara bermitra dengan UNICEF, silakan kunjungi laman: Menjadi Mitra UNICEF atau kirimkan email ke partnerships.id@unicef.org. 

      Saya didatangi/dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai staf UNICEF. Bagaimana saya dapat memverifikasi identitasnya?

      Kami memahami kehati-hatian Anda. Keamanan memang yang paling utama! 

      Anda bisa melihat nomor telepon resmi dan lokasi tim penggalangan dana kami di situs kami. 

      Jika Anda mengalami kegiatan mencurigakan yang mengatasnamakan UNICEF, Anda juga dapat mengirimkan email ke ids.donorlove@unicef.org. Selain itu, semua anggota tim promosi kami dibekali dengan kartu identitas berisi nomor keanggotaan dan nama lengkap.

      Saya ingin berdonasi secara daring, tetapi tautan tidak bekerja!

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Mohon kirimkan surel ke ids.donorlove@unicef.org. Kami akan menghubungi dan membantu Anda menyelesaikan donasi 

      Terima kasih atas dukungan Anda dan inisiatif untuk menyampaikan ada kesalahan dalam situs kami. Jika Anda memiliki foto notifikasi error yang muncul, mohon lampirkan di dalam email. 

      Apa yang akan terjadi setelah saya melakukan donasi online?
      • Setelah berhasil berdonasi melalui website kami, Anda akan menerima email konfirmasi bahwa donasi Anda telah diterima. Jika Anda belum menerima email tersebut, mohon periksa tab promosi atau spam, lalu pindahkan email ke kotak masuk utama Anda sehingga Anda dapat menerima email kami di tab utama Anda ke depannya.

      Bagi Anda yang berdonasi bulanan dan menjadi bagian dari komunitas “Pendekar Anak” kami:

      1. Jika Anda menggunakan kartu kredit atau kartu debit, Anda tidak perlu melakukan apa pun karena kami akan melakukan pendebitan donasi Anda secara otomatis setiap bulannya. Apabila anda pemegang kartu VISA, Mastercard, dan Jenius pendebitan otomatis dilakukan di awal bulan sedangkan untuk pemegang kartu JCB, Amex, dan BRI akan didebit di setiap tanggal pendaftaran donasi.

      2. Jika Anda memilih donasi bulanan dengan e-Wallet Go-Pay dan DANA Anda tidak perlu melakukan apa pun karena kami akan melakukan pendebitan donasi Anda secara otomatis setiap bulannya sesuai dengan tanggal pendaftaran Anda. Pastikan saldo Anda cukup sehingga pendebitan donasi dapat dilakukan.

      3. Jika Anda memilih donasi bulanan dengan e-Wallet yaitu OVO, LinkAja, ShopeePay, kami membutuhkan Anda untuk melakukan pembayaran di setiap bulannya. Anda akan menerima tagihan donasi bulanan yang dikirim ke email yang terdaftar, WhatsApp, dan SMS Anda oleh rekanan pembayaran kami yaitu Xendit. Untuk memberikan donasi, Anda perlu mengklik link/tautan di email, WhatsApp, dan SMS yang akan membawa Anda langsung ke halaman pembayaran donasi.

      • Anda akan menerima ucapan selamat datang melalui telepon dari tim UNICEF untuk menyambut Anda sebagai Pendekar Anak.

      • Kami akan mengirimkan berita terbaru secara berkala dan cerita perubahan ke email Anda, sehingga Anda dapat melihat langsung bagaimana donasi Anda membuat perbedaan setiap bulannya. Anda tentunya juga bisa mendapatkan update terbaru dari situs web dan media sosial kami.
      Pilihan pembayaran donasi apa saja yang tersedia untuk saya?
      • Opsi pembayaran yang dimiliki oleh UNICEF saat ini antara lain:

        1. Kartu Kredit yang berlogo Visa, MasterCard, JCB dan Amex.

        2. Kartu Debit (ATM): BCA, BRI, BNI, Mandiri dan semua kartu debit yang berlogo Alto, ATM Bersama dan Prima.

        3. Transfer Bank: BCA, BRI, BNI, CIMB Niaga, Danamon, Mandiri dan Permata.

        4. eWallet: GoPay, OVO, ShopeePay, Dana, LinkAja, JeniusPay dan DOKU Wallet.

        5. Minimarket: Alfamart, AlfaExpress, Dan+Dan, AlfaMidi dan Lawson.
      Bagaimana saya dapat yakin bahwa donasi saya itu aman dan data pribadi saya juga terlindungi?

      Situs donasi UNICEF Indonesia unicef.id sudah didukung dengan sistem pembayaran yang tersertifikasi oleh PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) serta menggunakan protokol koneksi https. Kami juga memastikan bahwa data Anda terlindungi dan aman jika Anda berdonasi melalui tim UNICEF secara langsung di lapangan ataupun melalui telepon. Semua proses kami dirancang untuk memberikan standar keamanan tertinggi untuk data pribadi dan donasi Anda.

      Bagaimana kami mendapatkan laporan atau update mengenai donasi yang kami berikan?

      Jika Anda menjadi donatur bulanan UNICEF, kami akan mengirimkan kabar/berita rutin dan cerita perubahan dari lapangan melalui email Anda, sehingga Anda dapat menyaksikan langsung bagaimana donasi Anda membuat perbedaan setiap bulan. Selain itu, kami juga akan mengirimkan laporan tahunan tercetak setahun sekali ke alamat surat menyurat Anda, dan tentu saja Anda dapat melihat lebih banyak tentang apa yang UNICEF lakukan di website dan media sosial UNICEF Indonesia.

      Website: www.unicef.org/indonesia

      Instagram & Facebook: UNICEF Indonesia

      Saya berdonasi melalui situs, tetapi mendapatkan notifikasi transaksi gagal!

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Mohon kirimkan email ke ids.donorlove@unicef.org. Kami akan menghubungi dan memeriksa donasi Anda.

      Terima kasih atas dukungan Anda dan inisiatif untuk menyampaikan ada kesalahan dalam situs kami. Jika Anda memiliki foto notifikasi eror yang muncul, mohon lampirkan di dalam email.

      Saya sudah berdonasi rutin, bagaimana bila saya ingin melakukan perubahan?

      Terima kasih telah menjadi Pendekar Anak UNICEF. Anda dapat menghubungi layanan khusus donatur UNICEF Indonesia di Nomor Telepon: (021 3111-1200) atau anda juga bisa mengirimkan email ke ids.donorlove@unicef.org untuk melakukan perubahan data, jumlah donasi, dan lainnya. Kami akan menanggapi permintaan Anda pada hari kerja pukul 09.00-17.00.

      Mengapa donasi bulanan itu sangat penting?

      Donasi setiap bulan Anda dapat membuat perbedaan yang besar:

      1. Donasi bulanan Anda mendukung pekerjaan kami untuk anak-anak dan juga membantu kami membuat rencana ke depan dengan matang. Hal ini sangat penting karena program kami direncanakan untuk jangka panjang dengan waktu yang lama demi mencapai perubahan berkelanjutan bagi anak-anak.

      2. Berkat donasi bulanan Anda, kami dapat bekerja lebih cepat terhadap bencana atau keadaan tak terduga lainnya, karena kami tahu kami juga dapat mengandalkan donasi Anda bulan depan. Khususnya di Indonesia, hal ini memungkinkan kami memberikan dukungan langsung jika diperlukan saat terjadi bencana besar.

      3. Kami mencoba membuat donasi bulanan Anda semudah mungkin dengan membuat donasi secara otomatis didebit dari akun Anda bagi pengguna Kartu Kredit, BTPN Jenius, debit BRI, GoPay dan DANA. Jika Anda berdonasi melalui e-wallet seperti OVO, ShopeePay, dan LinkAja, Anda masih perlu melakukan pembayaran donasi Anda melalui tautan yang dikirim ke email, WhatsApp, dan SMS setiap bulannya. Hal ini menghemat biaya administrasi perbankan dan menjadikan cara berdonasi Anda sangat efektif.
      Bagaimana UNICEF mengalokasikan donasi yang terkumpul?

      UNICEF Indonesia mengalokasikan pendanaan program nya di berbagai sektor program sebagai berikut:

      Untuk info lebih lanjut, silahkan klik tautan berikut UNICEF Indonesia Annual Report.

      Apakah setiap donasi yang diberikan melalui UNICEF dapat digunakan sebagai pemotongan pajak?

      Sesuai dengan regulasi pemerintah serta badan perpajakan negara Indonesia, donasi kepada UNICEF Indonesia tidak bisa digunakan untuk pemotongan pajak

      Saya memiliki pertanyaan tentang donasi yang saya berikan. Bagaimana saya dapat menghubungi UNICEF?

      Silakan hubungi tim Donor Care kami di nomor telepon 021-3111 1200 (beroperasi Senin hingga Jumat, pukul 09.00-17.00, kecuali hari libur nasional), atau kirimkan email ke ids.donorlove@unicef.org.